Gunadarma BAAK News

Sabtu, 28 Desember 2013

ASEAN STUDENT VISIT INDIA PART 3

New Delhi : 27 – 30 September 2013
LAPORAN ASVI 27 SEPTEMBER 2013
Hotel marriot new delhi
Bersama setelah tiba di bandara new delhi pada pukul 13.00, seluruh peserta langsung bergegas menuju ke dalam bus yang telah disediakan. Kemudian tanpa banyak menunda langsung segera seluruh peserta berangkat menuju hotel marriot new delhi. Para peserta tiba di hotel pada pukul 14.30. Tepat pada saat itu para peserta disambut dengan hangat dan diantar menuju ke ruang makan untuk segera menyantap makan siang. Setelah makan siang para peserta dijam bebaskan untuk beristirahat, karena malamnya nanti akan diadakan gala dinner bersama seluruh peserta dan pelaksana acara ini. Acara gala dinner itu sendiri adalah acara dimana seluruh peserta dari masing-masing negara menampilkan cultural performance nya, ada yang dalam bentuk tarian dan nyanyian.
Karena waktu kosong antara makan siang dan juga gala dinner  cukup panjang maka delegasi Indonesia memutuskan untuk melakukan latihan terakhir sebelum puncak acara dimulai. Pada pukul 17.00 delegasi Indonesia sudah selesai dengan latihan dan juga kemudian bergegas untuk berganti pakaian dan bersiap untuk gala dinner.

Gala dinner
Gala dinner dimulai pada pukul 21.00. Namun para peserta sudah siap di tempat pada pukul 19.00. Para peserta begitu bersemangat dan sangat menyiapkan segala sesuatunya sebaik mungkin. Sebelumnya delegasi Indonesia kedatangan tamu istimewa, yaitu duta besar negara Indonesi yang ada di India. Mereka datang berkunjung untuk sekaligus menjenguk dan berbincang dengan kami. Namun sayang, beliau para duta besar tidak dapat menghadiri acara sampai habis dan menonton pertunjukan dari delegasi Indonesia. Mereka ada jadwal acara tugas lainnya lagi yang harus diselesaikan. Acara gala dinner pun berlangsung dengan cukup meriah dan teratur. Puncaknya adalah pada saat delegasi Indonesia menyajikan pertunjukan daerah khas nya di depan para delegasi dan para pelaksana sendiri. Disambut dengan sangat meriah dan penonton pun sangat antusias. Usaha dan latihan yang delegasi lakukan selama ini tidaklah siasia. Para peserta semakin mengenal dan akrab satu sama lainnya. Acara inipun diakhiri dengan kata sambutan dari pelaksana dan juga sharing dari delegasi perwakilan masing-masing negara. Dari Indonesia sendiri yang maju perwakilan sharing adalah Rezza. Acara berakhir sekitar pada pukul 22.00. Para peserta kembali ke kamar masing-masing dan beristirahat. Sebelumnya delegasi Indonesia briefing kelompok terlebih dahulu dan barulah pergi beristirahat untuk kemudian esok melanjutkan perjalanan kunjungan lagi.Cultural performance delegasi Indonesia sendiri adalah yang dianggap paling baik dan meriah.

LAPORAN ASVI 28 SEPTEMBER 2013
                        HOTEL MARRIOTT
Seperti biasa, para  delegasi Indonesia bangun pagi pada pukul 05.45,  dibantu dengan morning call dari hotel sendiri. Kemudian langsung segera berkemas barang dan mandi pagi. Sarapan pada pukul 07.30,  para  peserta berkumpul di ruang  makan seperti biasa. Ada beberapa peserta bahkan yang  lebih pagi dan awal untuk datang ke ruang  makan. Kemudian selesai sarapan dan beres semua keperluan kunjungan pada pukul 09.00.  para  peserta segera berbaris dan mengikuti instruksi untuk masuk ke dalam bus.  Perjalanan kali ini juga cukup jauh untuk dapat sampai ke tempat tujuan kunjungan.

SONA KOYO
Para peserta tiba ditempat pada pukul 11.00,  kemudian para  peserta langsung mengikuti instruksi untuk berbaris dan  membagi dalam dua kelompok. Tujuannya adalah supaya dapat lebih efektif dan teratur. Satu kelompok diarahkan untuk menyaksikan presentasi formal terlebih dahulu, dan kelompok lainnya diarahkan untuk mengikuti tour pabrik. Dilakukan
secara bergantian agar  tidak berdesakan. Setelah kedua acara tersebut maka para  peserta diarahkan untuk makan siang bersama, dengan menu  khas india pastinya. Kemudian para  peserta terutama dari delegasi Indonesia dan Malaysia pergi sebentar untuk sholat. Diberikan kesempatan dan  ruangan khusus oleh panitia dan  pihak perusahaan. Selesai acara di tempat tersebut pada pukul 14.30.  sebelumnya SONA KOYO adalah merupakan salah satu perusahaan yang  menciptakan spare part otomotif dan  perkembangan pemasarannya sudah cukup luas. Para peserta kemudian diarahkan langsung ke mobil lagi dan bergegas menuju tempat kunjungan berikutnya.

INSTITUTE
Para peserta tiba pada pukul 17.00,  kemudian langsung diarahkan ke ruang conference karena waktu yang  tersisa tidak cukup banyak lagi. Berhubung tingkat kemacetan jalan yang  cukup luar biasa, maka  perjalanan terhambat dan terlambat dari waktu yang sudah ditentukan. Presentasi yang  dilakukan dari tiga narasumber secara langsung, menjelaskan tentang kampus dan juga spesifikasi jurusan dan  persoalan yang  menjadi focus utama Institute tersebut. Presentasi yang  dibawakan cukup baik dan interaktif sehingga walaupun cukup lelah setelah lama perjalanan namun para  peserta tetap semangat. Selesai acara tersebut para  peserta langsung diarahkan untuk menikmati coffee break.  Cukup nikmat dan cukup untuk melepas lelah. Kemudian pada pukul 18.15  para  peserta langsung kembali ke bus dan melanjutkan ke tempat kunjungan terakhir malam ini.

DELHI HAAT
Sampailah para  peserta ke tempat kunjungan terakhir yaitu tempat untuk berbelanja. Para peserta seluruhnya sampai di tempat pada pukul 18.30, kemudian langsung diarahkan untuk masuk ke dalam market  tersebut. Para peserta diberi kesempatan untuk dapat berbelanja bersama dalam kurun waktu satu jam. Para peserta kemudian berpencar dengan group-group kecil dan mencari barang-barang yang  sesuai untuk dibelanjakan. Acara berbelanja berakhir pada pukul 19.30,  segera para  peserta diarahkan untuk kembali ke bus dan  kembali menuju hotel. Sungguh menyenangkan kunjungan keseluruhan hari ini walaupun cukup mengurus tenaga.

HOTEL MARRIOTT
Sampailah seluruh peserta di hotel kembali. Para peserta sampai di hotel kurang  lebih pada pukul 20.30.  sudah tidak ada  lanjutan acara untuk hari ini. Hanya  ada  briefing untuk acara keesokan harinya  untuk perjalanan ke agra. Para peserta kemudian kembali ke kamar  masing-masing untuk beristirahat dan acara bebas.



LAPORAN ASVI 29 SEPTEMBER 2013
HOTEL MARRIOTT
seperti biasa, pada pagi hari para delegasi bangun pagi pada pukul 05.00. hari ini kegiatan dilaksanakan lebih pagi dari biasa. Sebab para delegasi akan mengadakan perjalanan cukup jauh ke kota Agra. Delegasi sarapan pada pukul 06.00, selesai sarapan dan rapih dengan segala keperluan pada pukul 07.00. semangat para delegasi sangat tampak, karena hari ini jadwal akan sangat berbeda dengan biasanya. Para delegasi tidak hanya sekedar mengunjungi kota Agra seperti biasa, namun para delegasi akan mengunjungi salah satu situs terkemukan dunia yaitu Taj Mahal.

AGRA, TAJ MAHAL
Perjalanan cukup jauh dari hotel tempat delegasi menginap menuju ke agra. Kurang lebih sekitar 4 jam perjalanan. Para peserta mulai perjalanan dari hotel pada pukul 07.30 tepat. Dalam perjalanan para delegasi sempat istirahat sejenak di rest area untuk snack dan keperluan wash room. Setelah istirahat sejenak kembali para delegasi melanjutkan perjalanan.
Sampai di Agra kurang lebih pada pukul 11.30, cuaca cerah dan berangin saat itu. Rombongan kemudian menyempatkan diri untuk ke wash room sebelum masuk ke dalam Taj Mahal. Para delegasi kemudian diberikan arahan oleh guide dari acara tour kali ini. Pengarahan tersebut antara lain pemberitahuan mengenai apa saja yang boleh dan tidak boleh dibawa ke dalam Taj Mahal.
Lalu sampailah akhirnya rombongan di Taj Mahal. Rombongan dibagi dalam beberapa kelompok, disesuaikan dengan jumlah peserta tiap bus dan tiap negara. Para delegasi berkeliling cukup lama dan mendengarkan penjelasan dari tour guide. Dia bercerita mengenai bagaimana Taj Mahal bisa sampai tercipta dan sejarah apik di dalamnya. Sambil mendengarkan cerita sejarah dari tour guide, para delegasi juga menyempatkan untuk berfoto di event menakjubkan tersebut. Baik foto personal maupun foto group.
Para delegasi terlihat sangat puas dan senang ketika berada disana, sangat menikmati pemandangan dan juga sangat menikmati kebersamaan yang ada. Setelah sekian lama hari yang dilalui untuk dapat belajar dan berbagi bersama.
Sampailah pada waktu yang ditetapkan untuk segera meninggalkan Taj Mahal. Rombongan diarahkan untuk dapat masuk ke dalam bus masing-masing, kemudian diberikan makan siang. Sambil melanjutkan perjalanan, tujuan berikutnya adalah tempat belanja souvenir di Agra. Beberapa delegasi membeli souvenir berupa kaos, pajangan Taj Mahal, bahkan sampai pada manisan khas India. Setelah itu delegasi kembali ke dalam bus dan memulai perjalanan untuk kembali ke hotel.

HOTEL MARRIOTT

Sampailah para delegasi di dalam hotel. Ketibaan pada pukul 20.00. para delegasi bergegas untuk makan malam dan istirahat. Panitia memberikan informasi bahwa besok seluruh delegasi yang ada akan pulang ke negara nya masing-masing. Kemudian para delegasi juga harus segera berkemas seluruhnya malam ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar