Gunadarma BAAK News

Sabtu, 28 Desember 2013

ASEAN FESTIVAL IN THAILAND 2013 PART 1

Setelah mengikuti beberapa acara dalam cakupan internasional, kali ini saya diperbolehkan lagi untuk mencicipi bagaimana rasanya bisa menjadi duta bangsa yang setidaknya bisa memamerkan keindahan budaya kita lewat tarian daerah. bersama kawan saya, kami berdua diberangkatkan ke Thailand untuk mengikuti festival kebudayaan disana. festival kali ini diadakan dalam rangka menyambut dan merayakan ulang tahun Raja Thailand yang jatuh pada tanggal 5 Desember 2013 ini. 
tepatnya di Universitas Petchaburi, kami disana mengajarkan tarian daerah untuk berkolaborasi dengan beberapa mahasiswi yang memang pandai di bidang tari. kami bergabung dengan beberapa mahasiswi daeri jurusan tari. sungguh suatu kebanggaan dapat sharing ilmu mengenai budaya tari di negara Thailand. kami diperkaya akan banyak hal disana. bukan hanya sekedar bermain bersama kawan baru kami. 
tiap-tiap harinya kami mengajar dan berlatih tari bersama. guna memaksimalkan dan menambah kekompakan kami dalam berkolaborasi. disini saya dan kawan saya memiliki peran yang cukup sensitif. yaitu untuk mengajarkan kawan baru yang notabene benar asli orang Thailand, supaya bisa bersama-sama menarikan tarian tradisional Indonesia. kami salut karena mereka sangat antusias untuk dapat mempelajari itu semua. 
dalam jangka waktu yang cukup cepat, mereka bisa menguasai gerak tarian. tari yang kami akan bawakan bersama adalah tari Lenggang Nyai dari Jakarta. tarian energik dan penuh akan kegembiraan yang menceritakan tentang sosok seorang Nyai Dasimah. tarian yang nantinya akan dibawakan kami bersama di panggung festival. 
dua hari mereka sudah berhasil belajar keseluruhan tarian. sungguh sangat cepat sekali waktu belajar tersebut. kemudian untuk selanjutnya dihari berikutnya kami membahas pola lantai dan menghafalkan tarian. berusaha membantu kawan-kawan untuk dapat meresapi tarian daerah asal jakarta tersebut agar senada dan seirama dengan lagunya.
tantangan berat memang ketika mengetahui bahwa corak lagu tarian tradisional asal jakarta tersebut sungguh sangat berbeda dengan tarian daerah yang mereka miliki. namun tetap optimis dan percaya serta tidak menyerah kami tak bosan untuk berlatih bersama sampai semua kesulitan dirasa hilang satu persatu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar