Gunadarma BAAK News

Mumbai 22 – 24 September 2013
LAPORAN ASVI , 22 SEPTEMBER 2013

City tour of mumbai

Setelah lepas sarapan dan pembagian uang saku dari pemetintah india selaku tuan rumah, para delegasi segera bersiap untuk berangkat mrngunjungi beberapa tempat menarik di mumbai. Delegasi Indonesia ada dalam satu bus yang sama dengan delegasi laos. Tidak ada yang terlambat dan tepat pada pukul 09.00 pagi delegasi indonesia, malaysia dan laos brangkat didampingi oleh pic masingmasing.
Tempat pertama yang dikunjungi adalah gateway of india, dsana kami hanya mengambil beberapa gambar kemudian tepat pukul 12.00 kami kembali lagi ke bus untuk melanjutkan perjalanan.
Setelah itu kami berhenti sejenak untuk mengambil makan siang. Makan siang dilaksanakan pada pukul 13.30 di dalam bus sambil mrlanjutkan perjalanan. Makan siang berupa mcd donald yang di dapat dari sebuah mall terdekat.
Acara dilanjutkan kembali. Kami mengunjungi rumah salah satu artis terkenal yaitu shah rukhan. Beberapa rumah artis bollywood terkenalpun ada dalam komplek tersrbut. Komplek apik dengan view yang cantik langsung mrnghadap pantai.
Setelah itu kami mrlanjutkan perjalanan lagi. Tujuan terakhir city tour kami adalah mall phoenix. Dsana kami diberikan waktu tiga jam untuk membeli oleholeh atau keperluan lainnya. Bersamasama delegasi lainnya kami berjalan mengeksplore apa saja yang ada di dalam mall tsb.
Singkat cerita pada pukul 17.30 kami krmbali ke tempat awal berkumpul. Dsana kemudian kami mngecek kelengkapan delegasi dan setrlah yakin lrngkap kami krmbali ke bus untuk krmbali lagi ke hotel.
Di hotel kami hanya punya waktu setengah jam untuk istirahat, dan acara dilanjutkan krmbali dengan makan malam bersama dan acara briefing drngan aptech. Acara tersebut dilaksanakan pada pukul 20.00 tepat. Aptech memperkenalkan serta mrnawarkan kerjasama training untuk bisnis edukasi trknoligi dan industri antar negara. Khususnya untuk kami delegasi indonesia yang aktif dalam tanya jawab dan eksplor informasi trntang aptech. Aptech menawarkan kerjasama internship untuk indonesia, indonesia diajak untuk mrngirimkan satu nama delegasi indonesia untuk mrngikuti program tsb yang bertrmpat di india.
Setelah acara tersebut, delegasi indonesia kemudian beristirahat sejenak sambil bercengkrama dengan delegasi negara lainnya. Tepat pukul 21.00 delegasi indonesia mengadakan briefing group, untuk mengatur apa saja yang akan dilaksanakan besok hari.
Pada intinya hari ini kami dalam keadaan yang masih kondusif, aman, dan terkoordinir satu dan yang lainnya.

LAPORAN ASVI 23 SEPTEMBER 2013
Pada pagi hari pukul 06.00 kami delegasi Indonesia bangun pagi. Seperti biasa resepsionist memberikan morning call pada delegasi. Kemudian pada pukul 07.00 kami sudah siap di ruang sarapan dengan menggunakan baju A1 tanpa peci. Setelah itu semua kami merapat untuk briefing. Tepat pada pukul 07.30 kami berangkat bersama rombongan delegasi lainnya untuk mengunjungi beberapa tempat yang sudah ditentukan.
Tempat pertama yang kami kunjungi adalah TCS, kami disana tepat pada pukul 09.00. disana kami mendapatkan presentasi dari tiga narasumber yang berbeda secara berurutan. Kami membaur dengan para delegasi lainnya. Para narasumber menjelaskan TCS dari berbagai perspektif yang ada, dari skala local sampai pada skala internasional.
Kemudian kami sebagai delegasi Indonesia juga aktif dalam menyampaikan pendapat dan mengajukan pertanyaan untuk lebih dapat mengeksplore informasi mengenai TCS.
Kemudian kami selesai disana pada pukul 11.00. kami melanjutkan lagi perjalanan ke tempat lainnya yang sudah ditentukan. Tepat tujuan kami selanjutnya adalah Hindustan Unilever Limited. Kami tiba disana pada pukul 11.30. pada dasarnya HUL sama dengan PT unilever yang ada di Negara kita Indonesia.
Kami dijelaskan mengenai sejarah, latar belakang, visi dan misi serta bisnis dan tujuan market dari pada HUL sendiri. Kami juga aktif mengemukakan pendapat dan kami juga mengajukan beberapa pertanyaan terkait dengan HUL, berhubung Negara kita juga termasuk dalam salah satu Negara yang memiliki PT unilever yang cukup besar, sekaligus juga sebagai pihak konsumen terbesar untuk seluruh produk unilever.
Sampai pada pukul 13.30 kami selesai acara diskusi dan presentasi. Kemudian dilanjutkan dengan makan siang bersama. Kami sangat menikmati acara tersebut. Sesudahnya pada pukul 15.00 kami meninggalkan HUL. Kembali kami melanjutkan perjalanan ke tempat berikutnya yang juga merupakan destinasi atau tempat terakhir yang akan kami kunjungi.
Selanjutnya pada pukul 16.00 kami tiba di whistling woods international. Dimana tempat tersebut adalah merupakan universitas untuk bidang perfilman yang sangat terkenal dan sudah cukup mendunia.
Berada di Mumbai dengan dominasi tempat yang cukup teduh karena ada di dalam daerah perhutanan. Disana kami dipandu dengan guide mengelilingi kampus dan melihat berbagai fasilitas dan tempat yang ada di dalam kampus berkaitan dengan dunia perfilman. Sebelum kami meninggalkan tempat, kami berkumpul sebentar di sebuah ruang rapat atau bisa disebut aula.
Disana ada satu narasumber yang mempresentasikan tentang kampus tersebut, dengan berbagai sisi dan informasi yang berkaitan dengan kampus tersebut. Mulai dari sejarah sampai pada skala internasional kampus tersebut. Kami juga disuguhkan untuk menonton dua film indie buatan student kampus WWI sendiri, ada dua film yang cukup bagus yang disuguhkan untuk kami.
Kemudian sampai pada pukul 18.00 selesai sudah acara kami untuk kunjungan hari itu. Sebelum kembali ke bus masing-masing beberapa dari kami delegasi Indonesia dipersilakan untuk ibadat dahulu.
Selesai semua acara kami kembali ke hotel, tiba di hotel pada pukul 19.00. tidak ada acara lanjutan, hanya dipersilakan untuk makan malam dan berkemas, berhubung besok kami akan pindah hotel dan kota ke Hyderabad.
Kami delegasi Indonesia sebelum beristirahat mengadakan briefing group terlebih dahulu untuk mengatur acara esok harinya. Kemudian kami beristirahat dan berkemas untuk acara besok. Latihan CP dipending, karena mengingat kami dari hari pertama belum cukup istirahat, dan ada baiknya kami memilih waktu untuk latihan CP yang lebih panjang.

LAPORAN ASVI 24 SEPTEMBER 2013
Hotel Courtyard Marriot
Seluruh delegasi memulai kegiatan lebih awal darpada biasanya yakni pukul 05.30 untuk sarapan pagi karena hari ini merupakan hari terakhir delegasi berada di Mumbai. Setiap delegasi harus sudah membawa seluruh koper bawaannya menuju lobby dan telah menyelesaikan sarapannya pada pukul 06.30 waktu setempat. Setelah sarapan seluruh delegasi segera berbaris di lobby untuk briefing dan melakukan perpisahan dengan salah satu pemandu kegiatan selama di Mumbai yakni Tracy. Walaupun mengharukan tetapi acara berlangsung tertib dan seluruh delegasi segera menuju bandara dengan menggunakan bis.
Bandara Mumbai

Pukul 07.15 seluruh delegasi tiba di airport. Seperti yang diinstruksikan sebelumnya, wanita membawa troley dan laki-laki membawa koper, hanya saja ketika turun dari bis keadaan sedang hujan dan bis tidak bisa menunggu lama di tempat drop off sehingga ada peserta yang sempat kehilangan tasnya dikarenakan koper tercampur dan terbawa oleh negara lain. Akhirnya tas bisa ditemukan setelah peserta delegasi dari Malaysia menyerahkan tas yang terbawa oleh mereka. Open gate penerbangan menuju Hyderabad pukul 08.20 dan keberangkatan dimulai pukul 09.20 waktu setempat