Gunadarma BAAK News

Senin, 31 Oktober 2011

manusia dan cinta kasih

manusia dan cinta kasih, merupakan salah satu tema ajar dari mata kuliah ilmu budaya dasar yang saya dan temantemin semua terima. manusia dan cinta kasih memang erat sekali kaitannya. manusia tidak dapat hidup sempurna tanpa cinta kasih. bagaimana bisa manusia hidup tanpa cinta kasih? sudah terbukti bahwa hal tersebut mustahil, bukti paling dasar adalah bahwa manusia diciptakan sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendirian.
kalaupun ada diantara kita manusia yang tidak memiliki rasa atau kurang peka terhadap lingkungan sekitar ataupun orang yang memiliki sifat begitu dingin pastilah tetap ia membutuhkan orang lain disekitarnya. walaupun mungkin ada orang yang seperti itu, ia tidak akan merasakan kelengkapan yang sempurna dalam hidupnya.
masih banyak disekitar kita orang-orang yang kurang diberikan kasih sayang. banyak hal yang menyebabkan itu semua terjadi, bisa saja latar belakang dari mereka yang kurang menyenangkan hati. salah satu contoh kasusnya adalah anak dari keluarga yang tidak utuh atau broken home. mungkin dia masih memiliki hal-hal yang berkaitan dengan duniawi untuk bisa mencukupi hidup mereka. namun dalam hati nya yang terdalam, kerap kali mereka yang berada di posisi demikian merasa kesepian dan kurang perhatian akibat dari orang tuanya yang sibuk dengan masalah tersebut dan sibuk dengan urusan masing-masing. kurang beruntung memang banyak orang mengatakan bagi mereka yang mengalami hal tersebut. banyak diantaranya yang tidak kuat menghadapi semua permasalahan tersebut dan melmpiaskannya ke dalam hal-hal yang diluar kendali. misalkan saja narkoba, alkohol, dll. orang-orang yang demikianlah yang kurang merasakan bagaimana cinta kasih itu dan kurang direngkuh oleh perhatian orang-orang sekitar.
dari contoh kasus tersebut, bisa kita ambil kesimpulan bahwa mereka perlu direngkuh oleh orang-orang sekitarnya juga, supaya tetap bisa menjalani hidupnya walaupun dalam kondisi yang kurang lengkap tersebut.
hal diatas hanyalah satu dari sekian banyak contoh yang bisa saya berikan berkaitan dengan manusia dan cinta kasih. bagaimana manusia begitu membutuhkan cinta kasih tersebut. cinta kasih hanya dapat dirasakan, dalam hati mereka yang diberikan cinta kasih oleh orang-orang terdekatnya. cinta kasih tidak dapat dilihat oleh mata telanjang, hanya bisa dinikmati bagi yang empunya hati yang terbuka.
bagi kita yang sekarang ini merasa sudah diberikan banyak rasa cinta kasih dari orang-orang terdekat maka berbahagialah. karena ternyata diluar sana masih banyak yang tidak dapat menikmati hal tersebut. bagikanlah rasa cinta kasih tersebut terhadap orang lain. apabila kita mampu menshare rasa tersebut kepada orang lain, maka berarti kita sudah menjadi perpanjangan tangan Tuhan untuk menyampaikan cinta kasih terhadap sesama kita manusia.
begitu banyak perihal, konsep, contoh kasus yang berkaitan dengan cinta kasih yang berada di sekeliling kita. maka dari itu, sudah seharusnya kita mengerti benar tentang hal tersebut. membagikannya pada orang lain disekitar kita.
cinta kasih pertama yang harus dibagian adalah kepada keluarga inti kita masing-masing. apabila kedalam keluarga kita sudah beres dengan hal tersebut, dan bisa mengolahnya dengan baik maka saya yakin bahwa keluar dari itupun kta pasti bisa menjadi manusia yang baik pula berkaitan dengan cinta kasih. karena alasan yang paling mendasar adalah ketika keluarga sudah beres dengan urusan cinta kasih, maka jarang sekali ada luka batin yang dirasakan oleh individu dalam keluarga tersebut.
dari situ maka individu tersebut cenderung berhati damai dan tidak ingin melakukan tindakan aneh yang bertentangan dengan hukum cinta kasih.
maka dari sekarang besarkanlah pengertian dan implikasi yang lebih luas lagi terhadap sesama kita. dan tetap semangat menjalani hidup dengan penuh cinta kasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar